Dua Mahasiswa Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya Raih Medali Emas pada Ajang The 9th Indonesia Inventors Day Universitas Udayana, Bali

21 December 2022 0 By admin

BIO NEWS. Tim Mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya (UNSRI) berhasil meraih medali emas dalam ajang The 9th Indonesia Inventors Day yang diadakan pada tanggal 29 – 31 Oktober 2022 di Universitas Udayana, Bali. Dua mahasiswa biologi UNSRI yakni Deflina Dzakiyah Ash Nawwaf dan Meilani Puspita TS beserta tim yang terdiri dari beberapa prodi lain seperti Rosuanti Simbolon (Farmasi 2019), Noven Rifaldi Saputra (Farmasi 2021), Adihyaksa Dharma Seda (Kimia 2020), Stevy Tiofani Purba (Matematika 2021), dan Irena Francina Kelly Kamal (Kimia 2019).

Di bawah bimbingan Bapak Dr. Apt. Shaum Shiyan, M.Sc, tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya bersaing dengan mahasiswa dari Universitas di seluruh Indonesia dan Internasional dalam mengembangkan ide dan produk inovatif ke tingkat internasional.

Deflina Dzakiyah Ash Nawwaf (Biologi 2021) menjelaskan bahwa dalam kompetisi tersebut, tim memanfaatkan ekstrak tumbuhan berupa tongkol jagung sebagai bahan utama dalam pembuatan sun screen yang diberi nama “Coby Sunscreen”. Produk ini selanjutnya di tawarkan dalam bentuk spray dan gel. Pemanfaatan ekstrak tumbuhan berupa tongkol jagung yakni untuk mendukung keberlanjutan dan mengurangi limbah makanan. Selain itu, tongkol jagung juga merupakan bahan yang baik untuk berbagai jenis kulit.

Meilani Puspita TS (Biologi 2021) menyampaikan harapannya bahwa mahasiswa Universitas Sriwijaya, khususnya Biologi, kedepannya bisa lebih mengeksplor minat dan bakat terutama di bidang penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kreativitas serta prestasi mahasiswa dan juga mengenalkan Universitas Sriwijaya di kenca internasional. 

(Sumber : Dokumentasi Pribadi, 2022)

Reporter : Meuthea Najlaa Raudhatunisya